Saturday, June 17, 2017

Boneka Karakuri Asal Mula Robotika Jepang

Boneka Karakuri Asal Mula Robotika Jepang


Asal-usul arti Robot
Arti robot dikenalkan pertama kalinya oleh seseorang berkebangsaan Cekoslowakia bernama Karel Lelah (1890-1938), lewat karya drama " Rossum's Universal Robots " pada th. 1920. berawal dari arti robot, datang dari bhs setempat " robota " yang bermakna http://giftgraduation.com/ budak atau kerja paksa, keluar jadi pengganti arti budak mekanik untuk menolong pekerjaan manusia. lalu pada th. 1950, Isaac Asimov menyampaikan tiga ketentuan tentang robot (di kenal dengan hukum Asimov), lewat karya novelnya " robot " yakni :

Satu robot tidak bisa mencederai manusia
Robot mesti mematuhi perintah yang didapatkan manusia, terkecuali apabila itu tidak mematuhi ketentuan pertama, dan
Robot mesti membuat perlindungan eksistensinya sendiri jadi mesin yang perlu mematuhi manusia. Berdasar pada hukum Asimov di atas, bisa diambil kesimpulan kalau robot mungkin mencederai manusia. ke-2 karya Karel Lelah serta Isaac Asimov melukiskan robot jadi musuh manusia, sebagai stereotip perspektif negara-negara Barat mengenai robot yang condong negatif.


beda perihal dengan Jepang, yang berasumsi robot jadi hasil dari pengetahuan, tehnologi serta kepekaan yang bisa memberi pesona serta kecintaan sendiri pada robot. dari perspektif berikut ini, robot jadi satu aset intelektual yang begitu utama dari budaya Jepang. kecintaan bangsa Jepang pada robot telah berawal mulai sejak jaman Edo (1603-1867).

Robot-robot pertama Jepang telah di ciptakan beratus-ratus tahun lantas dengan bentuk yang berlainan dengan robot saat saat ini. dari mulai robot yang bisa menyirami sawah buatan, Kaya-No-Miko, seperti yang tertulis dalam koleksi narasi di era ke-12, Konjaku Monogatari shu sampai boneka robot karakuri ningyo yang diperkembang dengan tingkat tehnologi yang cukup tinggi serta dipertunjukkan berbentuk boneka jadi hiburan di teater-teater ataupun festival (sampai saat ini masih tetap dipertunjukkan dalam Festival Takayama di Prefektur Gifu).

Karakuri Ningyo-Robot Classic Jepang
Karakuri ningyo, adalah arti Jepang yang bermakna boneka mekanik atau automata, diketemukan pada era ke-18 serta 19 Masehi. karakuri bermakna " perlengkapan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberi surprise ", hingga bisa disebutkan kalau dalam karakuri terdapat beberapa hal magis atau elemen misteri, sedang ningyo bermakna " orang serta bentuk " (tertulis dalam dua huruf kanji). dengan hal tersebut bisa disebutkan jadi boneka atau patung.

Karakuri bisa dibagi jadi tiga type paling utama yaitu :

Butai karakuri (stage karakuri), dipakai untuk kepentingan dunia teater
Zashiki karakuri (tatami room karakuri), adalah type karalkuri memiliki ukuran kecil serta dipakai jadi elemen dekorasi ruang


Dashi karakuri (festival car karakuri), dipakai dalam acara atau festival keagamaan, dengan menghadirkannya mitos-mitos tradisionil atau legenda-legenda Bangsa Jepang. Ke-3 type karakuri itu dinilai sudah memberi dampak besar untuk perubahan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku. 

No comments:

Post a Comment