Thursday, June 15, 2017

BONEKA PADA MASA INDUSTRI DAN PERKEMBANGAN JENISNYA

Dalam mitologi suku Inca, Sara Ibu yaitu dewi gandum. Dia diasumsikan dengan tanaman gandum yang tumbuh dengan tidak lumrah. Tanaman yang aneh ini lantas kadang waktu dipakaikan baju mirip Sara Ibu. Boneka daun jagung yaitu boneka Hadiah Wisuda tradisional suku asli Amerika yang terbuat dari daun jagung yang melekat pada buahnya. Dengan tradisional, boneka ini tidak mempunyai muka. Pembuatan boneka daun jagung dikerjakan oleh beberapa masyarakat Amerika yang datang dari Eropa pada awal kepindahan mereka. 

Mereka juga buat boneka kain serta boneka kayu yang diukir, yang dimaksud Pennywoods. La ùltima muñeca, atau " boneka paling akhir " , ada pada kebiasaan Quinceañera. Perayaan dari lagi th. seseorang wanita yang ke-15 di bagian-bagian Amerika Latin. Pada ritual ini, Quinceañera menyingkirkan boneka dari saat kecil wanita itu untuk menyebutkan kalau dia tak akan memerlukan mainan sesuai sama itu. Di Amerika Serikat, pembuatan boneka jadi industri pada th. 1860an, sesudah perang saudara. 


Matryoshka yaitu boneka tradisional dari Rusia, yang berupa profil berongga yang terbuat dari kayu serta berseri di mana tiap-tiap bonekanya berada di dalam boneka yang lain. Biasanya boneka ini melukiskan petani tradisional serta set boneka pertama yang diukir serta di cat diketemukan pada th. 1890. Di Jerman, boneka dari tanah liat sudah terdokumentasikan mulai sejak era ke-13, serta pada saat pembuatan boneka kayu di era ke-15. Mulai sejak era ke-16, boneka dengan baju yang trendy mulai diketemukan di Perancis, meskipun bentuk tubuh boneka ini sangat kasar. 

Boneka peg wooden yang datang dari Jerman yaitu boneka yang murah serta simpel yang disebut mainan yang popular untuk anak-anak dari keluarga miskin di Eropa pada era ke-16. Kayu tetaplah jadi material yang menguasai untuk pembuatan boneka di Eropa hingga era ke-19. 

Sepanjang era ke-18 serta ke-19, kayu mulai dipadukan dengan material lain seperti kulit, lilin serta porselen, serta bentuk dari badan boneka juga mulai disempurnakan. Tak ada catatan mengenai kapan pertama kalinya kaca jadi bahan mata boneka diketemukan, namun bahan kaca jadi mata berwarna coklat yaitu warna mata yang menguasai untuk boneka hingga pada masa Victoria di mana mata berwarna biru, yang di inspirasi dari ratu Victoria lebih popular.

BONEKA PADA MASA INDUSTRI DAN PERKEMBANGAN JENISNYA


Pada era ke-19, kepala boneka sering terbuat dari porselen serta dipadukan dengan tubuh yang terbuat dari kulit, kain, kayu, atau material komposit seperti papier-mâché atau komposisi, kombinasi bubur kertas, serbuk gergaji, lem serta material yang sama. Dengan kemunculan material polimer serta plastik di era ke-20, pabrikan boneka mulai ramai memakai beberapa bahan ini. 

Harga bahan yang murah, keringanan pemrosesan, serta ketahanan plastik bermakna boneka type baru bisa di produksi dengan masal dengan cost yang rendah. Mulai sejak pertengahan era ke-20, vynil yang lunak jadi material yang menguasai, biasanya jadi bahan boneka anak. Diawali pada era ke-20, baik boneka porselen serta plastik di buat untuk market dewasa jadi koleksi. resin sintetis seperti poliuretin yang mirip struktur porselen dipakai untuk boneka koleksi. 

No comments:

Post a Comment